Senin, 05 Oktober 2009

AFIRMASI

Kita pasti sering mendengar tentang afirmasi untuk meningkatkan kepercayaan diri atau keberanian seseorang. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan afirmasi?

Afirmasi (affirmation) adalah pernyataan keinginan atau hasrat yang diucapkan atau dibentuk dalam pikiran. Lebih sering diartikan sebagai kata-kata positif yang ditulis dan diucapkan seseorang setiap hari sehingga berpengaruh positif terhadap kepribadian, pikiran, dan tingkah laku orang tersebut. Kata-kata afirmasi ini bisa ditulis pada selembar kertas dan dibaca setiap bangun pagi. Jika dilakukan dengan berulang kali dan bersungguh-sungguh, maka afirmasi ini akan menumbuhkan kepercayaan diri dan motivasi.

Agar keinginan terwujud, pernyataan diucapkan berulang-ulang dari hari ke hari, sampai pernyataan itu tertanam dalam pikiran bawah sadar. Bila hal ini telah terjadi, maka pikiran bawah sadar akan merasakan adanya perbedaan antara apa yang dalam pikiran kita dengan kenyataan di dunia luar kita. Perbedaan ini akan menimbulkan suatu tekanan pada pikiran bawah sadar untuk menyiapkan ide, motivasi dan tindakan untuk menjadikan hasrat kita menjadi kenyataan.

Meskipun tampak sederhana, namun sebuah afirmasi tanpa teknik yang tepat, hanyalah menjadi kata-kata yang terucap tanpa menimbulkan dampak apa pun kepada orang yang mengucapkan.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah afirmasi yang efektif, yaitu afirmasi harus bersifat pribadi dengan menggunakan kata 'saya'; harus berupa kalimat positif (hindari kata 'jangan' dan 'tidak'), dan kalimat harus berupa kondisi yang terjadi saat ini (jangan menggunakan kata 'akan').

Salah satu contoh kalimat afirmasi yang popular digunakan oleh Emile Coue, pencipta teknik autosugesti adalah "setiap hari, dengan segala cara, saya menjadi lebih baik dari sekarang". Contoh lainnya adalah, "Saya pasti sukses menghadapi ujian", atau "Saya pasti bisa!".

Afirmasi banyak digunakan dalam berbagai teknik terapi, pengembangan diri, dan motivasi seperti hipnoterapi, NLP, autosugesti, mind power, dan lain-lain.

Dengan teknik afirmasi ini diharapkan kita dapat mencapai kepribadian yang kita harapkan atau mencapai keinginan yang selama ini kita idam-idamkan.

(disadur dari Majalah Nirmala edisi Oktober 2009).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar